top of page

Bangkok 4juta saja!

Updated: Dec 30, 2020

Hello, Happy Easter!! I hope you all enjoy the long weekend!

Hari ini saya mau share tentang budget saya di Bangkok selama 5 hari, 4 malam.


Sebenernya udah share sih di InstaStories, kalau budget saya itu 4juta untuk Tiket PP, Hostel, Transport dan Makan selama disana. Hemat banget kan? Kenapa bilang hemat? Karena ada teman yang DM kalau dia menghabiskan 10juta waktu di Bangkok. Tiap orang berbeda-beda kalau masalah budget. Mungkin budget saya ini untuk orang-orang yang tidak terlalu suke berbelanja.


IGS @gracemutiaraa

Yuk, kita break down budget nya!

1. Tiket Pesawat PP

Saya membeli tiket pesawat di akhir 2018, 13 November tepatnya. Pas banget waktu mau beli itu lagi ada diskon dari Traveloka dan dari maskapai. Dan sesungguhnya setelah galau beberapa lama dan ini adalah harga termurah jadi memutuskan untuk "yaudah deh beli aja". hahahha


Dan setelah itu harganya melambung tinggi banget sampe 2x lipat, jiwa perhitungan ini bahagia dan tidak menyesal.


Maskapai Thai Lion Air banget nih? Gk takut kaya Lion Air? Yang baru banget ada berita duka. Asli sih deg-degan banget, ngeri-ngeri sedap. Tapi dengan bantuan teknologi dan review pesawat jadi mari kita berdoa supaya tidak terjadi apa-apa.


Yang jelas beda banget Lion Air Indonesia dengan Thai Lion Air. Saya sendiri belum pernah dan tidak akan naik Lion Air sih, tapi menurut teman saya, beda banget. Jauh lebih baik Thai Lion Air. Jadi, jangan takut untuk naik Thai Lon Air. Terbukti saya masih disini sampai sekarang. hohohoho


2. Penginapan/Hostel

Tantangan selanjutnya adalah milih Hostel yang murah tapi enak, bersih dan bagus. Karena kita pergi ber-3 maka mencari hostel buat ber-3 ini menantang. Tidak begitu banyak pilihan biasanya, dan tidak begitu OK.

Sampai ketemulah sama si Natee Hostel ini, kalau dari review dan foto sih terlihat menjanjikan. Kita review terpisah aja ya Natee Hostel ini, yang sebenernya sudah di review di IGS @gracemutiaraa

Harga untuk 1 kamar 3 orang, 4 malam itu Rp 1.500.000,- (kita bulatkan saja ya), jadi seorang itu 500k. Harga tertera sudah termasuk sarapan. Asik kan? Bisa mengurangi budget makan!


3. Transport dan Makan

Untuk transport dan makan kita memutuskan untuk menyimpan uang masing-masing 2000 Bath (kira-kira 900k dibagi 3 jadi seorang 300k). Tujuannya supaya gk repot dan ribet pas mau bayar harus ngumpulin uang dulu. Jadi kita kumpulin di awal dan tinggal bayar pakai uang itu. Jangan lupa dicatat pengeluarannya. Ada 1 tempat makan kita yang agak mahal totalnya 800an Bath, seorang 140k. Ini harga makan di restaurant loh! Kalau di Indonesia sih ini kaya udah makan di restaurant bagus nan mahal di mall.


Transportasi yang kita gunakan itu mulai dari MRT, Grab Car, dan Bus, termasuk Grab Car ke Bandara ketika mau pulang (yang paling mahal). Kalau urusan makan kita lebih memilih untuk sharing, jadi pesan beberapa menu untuk di makan bersama.


Transport + Makan + Jajan = 650k


4. Belanja

Bangkok terkenal banget dengan destinasi belanja. Maka banyak orang yang bilang kalau kesana pasti belanja. Banyak banget pilihan tempat belanja yang relatif murah. Relatif ya, tidak semua. Bandingkan bahan dan harga supaya kita yakin apakah itu lebih murah atau tidak.


Saya pribadi tidak banyak belanja disini. Hanya membeli 2 potong baju di hari pertama dan terakhir. Kok bisa? Tidak tertarik belanja? Apa tidak bagus barangnya? Karean terlalu banyak pilihan yang hampir semua sama dan tidak sesuai sama selera. Kalaupun ada yg bagus dan suka, menurut saya cukup mahal, atau bahannya tidak sesuai dengan yang saya inginkan. Jadi total belanja baju saya itu sekitar 300 Bath/150k.


Saya lebih banyak belanja di BigC, makanan buat oleh-oleh. Apa yang dibeli? Bumbu dapur! dan Makado! Total belanja di BigC itu 200Bath/100k kalau tidak salah ingat. Di Bandara beli oleh-oleh Tas dan Pouch buat keponakan dan mami sekitar 500Bath/250k. Total Belanja pribadi 500k.


Mari kita jumlahkan keseluruhan biaya

1. Tiket Pesawat Thai Lion Air PP : 1.785k

2. Natee Hostel : 500k

3. Transport dan Makan : 650k

4. Belanja : 500k

Total = Rp 3.435.000,-

Dan masih ada sisa Bath yang belum ditukarkan ke IDR, ada sekitar 300 sekian Bath



Pasti setiap orang beda-beda, ini tidak bisa dijadikan patokan. Kalau kalian tanya bisa gk travelling ke Bangkok dengan budget terbatas? Jawabannya YA! Jadi jangan jadikan budget alasan untuk tidak memberanikan diri pergi travelling. Kamu pasti bisa, asalkan kamu mau berhemat sebelum , saat, dan sesudah travelling. Maka menabunglah suapaya bisa pergi jalan-jalan! Let's travel!



xoxo

26 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page