top of page

Ketinggalan pesawat di "silent airport"

Updated: Dec 30, 2020

Ketinggalan pesawat transit adalah hal yang paling dihindari dan jadi momok buat para traveller. Memasang telinga untuk setiap pengumuman yang ada di Bandara saat transit adalah suatu keharusan. Tapi ternyata, di Bandara ini memang tidak ada pengumuman.


Bagi yang sudah mengenal gw dan cukup sering pergi traveling sama gw, pasti paham banget kalau gw adalah orang yang cukup berhati-hati terhadap jadwal penerbangan, dan selalu berusaha untuk sampai di Bandara jauh sebelum jadwal yang ditentukan. Jadi pas gw bilang ke temen gw by WhatsApp "gw ketinggalan pesawat" mungkin adalah sebuah hal yang "kok bisa elo ketinggalan?"


Jadi gw ketinggalan pesawat transit dari Dubai ke Jakarta. Ketinggalan pesawatnya udah 2 jam! Dan gw baru sadar kalau ketinggalan. Kok bisa?? Sabar akan gw ceritakan.


Pesawat gw Emirates dari Amsterdam ke Dubai 22.04 - 06.31 (+1) , transit dan baru terbang lagi jam 10:53 waktu setempat. Pas sampe di Dubai karean gw masih pegal maka gw jalan-jalan di tempat perbelanjaan sekalian beli beberapa titipan, kemudian lapar karena masih lama gw memutuskan untuk ke McD.


Disinilah terjadi kesalahan pada sistem otak gw yang tidak bekerja dengan baik. Jam di handphone gw gk otomatis ganti ke waktu Dubai, dan jam tangan gw pun tidak gw sesuaikan dengan waktu Belanda maupun Dubai, jadi masih pakai waktu Jakarta.


Dengan santainya gw makan dan menelepon keluarga dan teman, juga sempat kerja dulu. Lumayan waktu 4 jam transit dan gw berpikir kalau nanti akan ada panggilan kalau pesawat sudah siap boarding, jarak McD dan gate pun dekat. Karena pasti penuh banget kan di gate.


Setelah mulai pegal, gw merasa kok lama bener gk ada pengumuman apa-apa sedangkan orang-orang mulai berkurang. Jalanlah gw ke gate, "lah kok kosong?" Ada ganti gate? Kok gk denger pengumuman apa-apa?" Mulailah perasaan tidak tenang dan seperti ada yang salah. Aplikasi Emirates dan Flight tracker pun gk ada kasih notifikasi apapun, gw masih tersambung dengan WiFi Bandara Dubai.


Gw coba bertanya ke salah satu staff yang berjaga di salah satu toko. Kemudian dia bilang "I think you missed your flight Miss. Now is 12." Gw shock berat, gile kapan pengumumannyaa? Kok gk ada panggilan! Gw tanya ke mba itu dan dia bilang "This is Silent Airport. We don't make calls at this airport. There's no speaker here." Jeng jeng!!! Akhirnya mba ini ngasih tau gw counter nya Emirates untuk ganti jadwal penerbangan gw besok pagi, penerbangan paling pagi.


Sampai di counter Emirates, kebetulan staff nya bisa berbahasa Indonesia. Di awal mereka gk ngobrol pake bahasa sih, tapi setelah gw kasih passport, dia mulai ngobrol pakai bahasa Indonesia. Karena gw penasaran, Apakah gw satu-satunya penumpang yang dengan bodohnya tertinggal pesawat? Apakah hanya gw yang tidak tahu kalau tidak ada pengumuman? Ya gw nanya lah sama mba nya.


Jawabannya cukup melegakan. Gw bukan satu-satunya penumpang yang ketinggalan pesawat, dan hal ini SANGAT SERING TERJADI. Banyak penumpang yang datang ke counter pun dengan perasaan kesal. Ya mau gk mau kan kita akan pindah penerbangan ke paling pagi, dengan biaya tambahan juga tentunya.


Setelah gw dapat tiket baru, mereka menyarankan gw untuk keluar airport karena cukup punya waktu. Tapi setelah cari tahu dan gw cukup lelah maka gw memutuskan untuk berdiam diri di airport saja menunggu penerbangan gw selanjutnya. Asli gw gk bisa tidur sih pas malemnya, takut ketinggalan lagi kan gw. Dan gw ngetem di gate 3 jam sebelum waktu boarding.

Area tunggu, cukup banyak stop kontak. Dan banyak juga penumpang yang tidur di area ini. Lokasi area ini pas banget di depan McD di gate 20.


Begitulah untuk pertama kalinya dalam hidup gw, gw ketinggalan pesawat. Jujur aja sih ini cukup traumatis. Jadi untuk kalian yang akan pergi travelling, dan transit di Dubai, tolong perhatikan jam kalian, pastikan sudah disesuaikan dengan waktu setempat. Atau gunakan alarm, atau duduk sangat dekat dengan gate boarding kalian.


Ingat-ingatlah kalau pas kalian Transit di Dubai. Lelah sih sudah pasti karena penerbangan yang panjang, tapi bertahanlah sedikit lagi saat transit.


Tambahan. Dubai memiliki free shower room. Kalian bisa cari di aplikasi Bandara Dubai, download saja di Google Plays.

52 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page