Jazz Gunung - Bromo

Jazz Gunung Stage before Sunset

Udah pernah denger Jazz Gunung? Yg ada di Pelataran Bromo itu. Agustus 2017, saya berkesempatan untuk dateng ke Jazz Gunung tersebut. Semua di rencanakan mendadak.

Kita berangkat tgl 18 agustus 2017, nonton tanggal 18 malam. Dengan pesawat paling pagi. Di jemput sama trip nya langsung di Bandara.

Ngomongin trip, ini pertama kali nya ikutan open trip. Dan kapok! Kenapa? Karena gk teroganisir dg baik. Jadwal yang di tentukan kebanyakan meleset. Penginapannya pun zonk, kamar yg kita dapetin zonk. Untuk tiket, ada bbrp yg bermasalah, thanks God yg punya kita engga bermasalah. Pulang dari sini lgsg super hati2 sama open trip yg harga nya di bawah rata2. Dan lebih teliti buat bacain review.

Kesalahannya dalam pemilihan open trip ini adalah, saya lg deadline dan menyerahkan ke temen yg cowo buat milih sepenuhnya tanpa di cek kembali. Jadi, hati2 dalam memilih tripnya ya! BACA REVIEWnya! Buka Instagramnya! DOUBLE CHECK!

Our Seating

Nah tentang Jazz Gunung. Kita beli tiket B yg bisa milih tempat duduk. Jadi gk akan angkat pantat ilang tempat. Datanglah lebih awal supaya bisa milih tempat duduk yang strategis.

Disini ada berbagai tempat/penjual makanan. Jadi kalau lapar bisa beli makanan dan bawa ke tempat duduk sambil nonton. Kalau kedinginan dan lupa bawa sarung tangan/syal/topi jg bisa beli disini. Banyak banget penjualnya tinggal pilih. Makin malem makin rame dan konsernya makin seru.

Stage in the Night

Panggung nya cantik banget! Dengan landscape kaki gunung Bromo semagai view, bambu di panggung sebagai vocal point, sclupture di panggung, permainan cahaya di panggung. Duh keren sih itu. View sore pas masih terang, view sunset dan view malam nya menyajikan dan menampilkan keunikannya. Ini pengalaman pertama saya nnton pertunjukan musik dan langsung di tempat secantik ini. Bikin ketagihan sih. Konser nya selesai jam 12an jadi langsung cari mobil yang jemput buat balik ke penginapan. Jam 3 pagi kita udah siap2 lagi buat liat sunrise. Ini pun bikin kecewa dr tripnya. Kita nunggu mungkin lebih dr setengah jam hampir 1 jam buat berangkat. Katanya ada peserta yang belum muncul jadi kita nungguin. Karena mobil kita baru ber 5, masih muat 2 lagi. Setelah lama menunggu ternyataaa! Orang yang ditunggu gk ada, entah udh naik di mobil lain atau gimana. Dari langitnya masih gelap sampai mulai terang loh nunggu. :(( itu tour gk punya absen apa ya?

Sunrise!!

Akhirnya berjalan ke spot sunrise tapi ya kan udh telat dan banyaaakk banget orang yang sama mau kesana jadilah kita gk bisa sampe spot. Macet, puter balik, parkir di pinggir jalan, turun dan jalan sendiri cari spot yang keliatannya akan bagus nanti pas sunris

Beres liat sunrise kita ke Pasir Berbisik dan Bukit Teletubies. Di bukit Teletubies gk lama, karena di buru2 buat balik ke Surabaya. Gk pake mandi lagi deh buat siap2 udh males bgt pengen cepet2 sampe hotel di Surabaya. Ini pun supirnya kurang menyimak. Kita minta kemana dia anter kemana. Gk tau jalan mungkin. Akhirnya kita turun di deket JPO yg kalau dr Google Map sih bisa jalan kaki. Dengan tenaga yg tersisa, kita turun dan jalan kaki sampai hotel. Bye open trip!

Kita nginep di PopHotel Surabaya. Makasih buat staff disana yg memudahkan dan mempercepat proses checkin. Udah liat muka lusuh dan capek kita kayany. Sampai kamar, mandi, tidur. Bangun2 udh malem dan lapar. Akhirnya kita pesen Grab untuk kesuatu tempat makan.

Tempatnya enak! Banyak banget pilihan makanan yang murah dan enak! Udah 2 hari gk di kasih makan yg bener selama trip maka terjadilah pembalasan! Kita ber3 tapi pesennya banyak! Kalau kalian ke Surabaya mungkin udah pernah kesini, buat yg belum pernah silahkan kesini! Cape dan kenyang, membuat kita memutuskan untuk balik aja ke hotel dan tidur. Besok hari yang panjang sampai flight balik ke Jakarta.

Hari terakhir! Bangun jam 11. Bye sarapan di hotel. Yang ada di ketok2 sama staff bilang udh waktunya checkout! Diusir baik2.

Jam 1 kita checkout dan memutuskan makan Soto Lamongan. Rame banget tempatnya! Dan enak! Walaupun rame kita gk lama nunggu makanannya dateng. Cobain ya kalo ke Surabaya! Selesai makan siang kita memutuskan pergi ke Taman Kota. Emang dasar Landscape Architect, kemana2 mau nya ke Taman aja. Ya selain gratis buat saya dan teman2 ini cara untuk mencari referensi sekaligus refreshing. Ada 2 Taman yang kita kunjungi, 1 dekat hotel 1 yg lebih besar dan ramai. Perbedaan keduanya adalah di penikmat taman.

Kalau yg pertama lebih banyak anak2 muda yang bermain atau sekedar duduk2 ngobrol dengan teman2nya, ukurannya juga lebih kecil, ada Plaza yg bisa dijadikan tempat suatu acara oleh komunitas disana. Taman kedua lebih luas dan rindang. Pengunjungnya lebih variatif dari anak muda sampai ke keluarga, mayoritas adalah keluarga. Aktivitasnya mulai dari jalan santai, olahraga, piknik, sampai melihat beberapa hewan yg ada disana. Karena lebih luas, aktivitas di Taman ini lebih variatif, fasilitasnya juga lebih komplit dibandingan yg pertama. Disini ada perpustakaan buat anak2, ada alat olahraga, jalan refleksi, permainan anak dll. Serunya lagi disini pohonnya diberikan nama, nama latin dan lokal.

Gk ada yg lebih bagus dari sebuah lanskap yang berfungsi dengan baik sesuai tujuannya. Udah puas main ke taman, kita beranjak ke Surabaya Carnival Park. Lokasinya gk begitu jauh dari Bandara. SCP ini bukanya memang sore, jadi kita baru bisa datang sore agak mepet sama jam pesawat. SCP ini katanya baru, jadi wajar aja kalau masih belum banyak wahana. Mungkin karena kita datengnya Minggu Malam jadi sepi banget. Dari sisi Landscape gk banyak impressionnya, tp mereka memanfaatkan lahannya dengan baik. Rapih dan bersih juga.