top of page

Tips merencanakan liburan keluarga

Singapore, 2016


Siapa yang gk tau sama Landmark ini? Yup ini adalah Merlion kebanggaannya Singapore. Settelah kunjungan yang ketiga baru bisa lihat langsung si Merlion ini. Sebelumnya renovasi dan memang gk punya cukup waktu untuk kesini.

Merlion

Berhubung membawa keluarga ke Singapura untuk pertama kalinya, maka disempatkan lah menjadi turis kesini. Iya, ini adalah kali pertama nya keluarga liburan bersama lagi setelah beberapa tahun.

Karena udah beberapa kali ke Singapore, didaulatlah menjadi tour guide dan trip planner dadakan. Nah, kali ini saya mau membagi tips untuk liburan keluarga tanpa bantuan travel agent.


1. Tentukan berapa lama kalian akan trip

Ini penting banget, supaya kalian tahu estimasi waktu dan perkiraan berapa banyak destinasi wisata yang dituju. Kalau kalian sudah berselalncar di internet pasti akan menemukan banyak destinasi. Buatllah list destinassi yang kalian temukan.


2. Perhatikan kesehatan orang tua (dan anak kecil, jika ada)

Hal ini akan mempengaruhi dalam pembuatan jadwal. Akan sepadat apakah dalam 1 hari itu.


3. Buat skala prioritas destinasi wisata.

Pasti kalian dapet banyak banget list destinasi wisata. Nah, buatlah skala prioritas. Tempat mana saja yang mau kalian kunjungi. Untuk tempat ikonik seperti Merlion, Garden by The Bay, Universal Studio Singapore, dll perhatikan jam maintenance dan/atau waktu/hari yang sekiranya terlalu ramai. Bisa baanget di google, semua informasi sudah tersedia.

Misalnya kalian merasa gk perlu ke Merlion, ya tidak perlu kesana. Tapi karena masih dekat dengan Garden by The Bay, bisa mampir sebentar jika punya waktu lebih.

Pastikan kalian mengetahui gaya jalan-jalan mereka (orang tua maupun saudara). Apakah lebih suka di alam dengan berbagai aktivitas atau Apakah lebih suka berbelanja? Hal ini akan sangat mempengaruhi priioritas kalian.


4. Buatlah jadwal sesuai dengan kesehatan orang tua dan destinasi prioritas.

Dengan 2 bekal di atas, kalian akan tahu jam berapa kalian harus beranjak dari hotel dan berapa destinasi dalam 1 hari.

Misalnya, kalau hari itu kalian berangkat pagi, maka jangan dipaksakan sampai malam. Jika kalian ingin pulang larut malam, akan lebih baik kalian berangkat lebih siang.


5. Print/Simpan semua informasi dan jadwal trip

Untuk apa? Tunjukan ke orang tua kalian tempat mana saja yang akan kalian kunjungi. Apa saja yang perlu disiapkan. Apa yang akan dilakukan/lihat di tempat tersebut.

Kenapa perlu? Karena menurut saya, orang tua akan antusias dengan trip ini. Selain itu, mungkin akan membantu mereka dalam packing.


6. Ingatkan mengenai trip kalian ini, semakin dekat hari keberangkatan semakin sering ingatkan.

Ingatkan apa? Passport jika kalian memilih pergi ke luar negeri. Hal/Barang apa saja yang perlu di bawa dan/atau yang harus dimasukkann dalam bagasi. Obat-obatan, dan hal lainnya yang perlu diingatkan kepada orang tua kalian.


Untuk kalian yang ingin dan/atau sedang berpikir untuk mengajak orang tua ergi berlibur, semoga tips-tips ini membantu. Kalau gk sekarang selagi mereka maasih sehat dan kuat, kapan lagi mengajak mereka? Waktu masih kecil saja mereka mengajak kita jalan-jalan.


Mengenai Budget.

Jika kalian sanggup membiayai keseluruhan trip tidak akan ada masalah. Ada masalah kalau ternyata kita tidakk bisa mengcover seluruh biaya. Terus gimana? Orang tua udah ajak, kita udah setuju. JUJUR, bilang saja kalian sanggup seberapa. Minta tolong patungan/nyumbang/apapun istilahnya dengan orang yang turut serta dalam trip tersebut. Semoga di lain waktu kita bisa sepenuhnya membiayai.


-xoxo-

-gracemutiara-


14 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page