top of page

Pilihan Wisata Gratis di Singapura

Updated: Dec 30, 2020

Yes. Yes. YES!! Kalian gk salah baca! Tempat wisata gratis di Singapura! GRATIS! Siapa yang gk tau Singapura? Cukup 1 jam dengan pesawat dari Bandara International Soekarno-Hatta. Tapi seringkali harga tiketnya tidak masuk akal? Bergantunglah dengan promo dan Travel Fair! Untuk mengimbangi harga tiket yang cukup tinggi, disini gw mau kasih tau beberapa destinasi gratis sebagai alternatif. Let's go!

1. Singapore Botanic Garden

Iya kalian gk salah baca ini adalah Kebun Raya Singapura. Jauh2, Mahal-mahal ke Kebun Raya Ge?? Kenapa tidak brosis? Kalian bisa jalan-jalan atau piknik disini, dan paling penting adalah kalian juga bisa berfoto disini. Gk lengkap rasanya kalau ke suatu tempat tanpa foto.

Disini ada 1 pavilion yang cukup terkenal. The Band Stand namanya. Gw cukup sering melihat beberapa foto Pre-Wedding dengan latar bangunan ini. Selain itu, pohon Samanea samans kuning yang jadi latar belakang menambah kecantikan tempat ini.

Kalau berkunjung kesini tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk, kalian bisa menjelajah dan berfoto sepuasnya disini. Hanya ada 1 area yang menerapkan tiket masuk, yaitu National Orchird Garden.


2. Garden by the Bay

Taman ini gratis kalau kalian tidak ingin masuk ke Flower Dome dan/atau Cloud Forest. Cukup duduk-duduk di berbagai Taman gratis yang disediakan pada area ini. Dan juga ada pertunjukan Garden Rhapsody pada pukul 19.45 dan 20.45, masing-masing pertunjukan selama 15 menit. Kalian bisa mulai duduk dan mencari spot terbaik mulai dari jam 6 sore, lumayan istirahat setelah lelah berkeliling di Garden by the Bay.


Show lain yang tidak terlaluh jauh dari Garden Rhapsody ada di Marina Bays mall. Hari Senin - Kamis ada 2 Show jam 20.00 dan 21.00, hari Jumat - Minggu ada 1 show tambahan di jam 22.00, tiap show berlangsung selama 15 menit juga. Jadi setelah menonton Garden Rhapsody kita bisa langsung berpindah ke Marina Bay Mall, nama shownya adalah Spectra - A Light & Water Show.

3. Telok Blangah Hill Park dan Henderson Wave

Terletak di 10, Telok Blangah Green, Singapura 109178, area taman ini cukup luas. Terhubung dengan Hort Park dan Mount Flaber. Kalau kalian mau merasakan berjalan di atas kanopi Pohon, kalian bisa mulai berjalan dari Hort Park menuju ke Telok Blangah. Di Hort Park sendiri, cukup banyak spot Taman cantik untuk berfoto, untuk arsitek lanskap/arsitek yang sedang mencari inspirasi desain, boleh banget berkunjung ke taman ini.

Telok Blangah Hill Park sendiri, merupakan taman yang paling luas diantara ketiga taman yang lain. Karena tujuan utama gw adalah ke Hill Park, gw gk sempat untuk keliling lebih lanjut. Disini tidak terlalu banyak turis/pengunjung. Tujuan gw adalah untuk berfoto di Terrace Hill yang didominasi oleh tanaman Bougenville.

Kalau sudah sampai di Telok Blangah, sayang banget kalau gk sekalian melihat Jembatan Gelombang, Henderson Wave. Berjalan sekitar 10 menit dari Hill Park. Jembatan ini cukup terkenal pada masanya, karena memiliki desain bergelombang yang unik dan di dominasi dengan material kayu di sepanjang Jembatan. Sayangnya kemarin saat kesana, sedang ada renovasi dan maintenance. Oh ya, jangan berkunjung pada siang hari kalau tidak ingin merasakan sengatan matahari yang cukup kejam. Pemandangan sore hari, mendekati matahari terbenam sepertinya akan lebih cantik.


4. Fort Canning Park

Tempat gratis selanjutnya adalah Fort Canning. Salah satu wisata sejarah yang ada di Singapore. Selain taman, pada area ini juga ada Cafè dan Children Playground, dan juga Hotel. Salah satu spot paling terkenal adalah Spiral Stair. Katanya untuk foto disini biasanya bisa antri sampai 1 jam. Untungnya saat itu gw gk sampe antri 1 jam. Stasiun MRT terdekat untuk ke spot ini adalah Stasiun MRT Dhoby Ghaut, dan melanjutkan dengan berjalan kaki selama 5 menit.


Nah, itulah 4 tempat wisata gratis di Singapura yang bisa kalian kunjungi. Kalau kalian budget travel/backpacker, silahkan mengunjungi tempat-tempat gratis ini.


Happy Travelling

@gracemutiaraa

32 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page